Balada Tidur Malam

Tanggal 24 kemarin Eiji genap 4 bulan. BB 7420gr, TB 66cm. Apa saja kesibukannya sekarang? Ohoo… sekarang sudah menjadi bayi sibuk! 😀 Jadi udah bisa ngoceh, ketawa bersuara, teriak-teriak, bisa manyun segala. 😀 Tapiii… males kalo diajak latian tengkurep, hahaha. Pas ditengkurepin udah mantab banget kepalanya, tapi kalo tengkurep sendiri suka males, miring-miring doang dianya. 😀 Ok deh, sabar ditunggu aja, Mom! 😉

Terus urusan tidur, tidur sendiri udah jago banget, tanpa ritual pe-nina bobo-an sebelum tidur, kecuali…. bobok malam! Mau tidur pagi, siang, sore, Eiji udah jago tidur sendiri, ditinggal aja di kasur tau-tau udah bobok ga pake rewel. Nah lain cerita buat bobok malem, karena sekarang jadi bayi sibuk… Eiji suka bobok sampe dini hari. Bayangkan?!? Bayi bobok di atas jam 00.00 wew!! Ngapain aja dia? maen, ngoceh, teriak, makan tangannya, ngoprek maenannya, tengkurep, hmm… sampe nguantuk gitu tetep aja sibuk. Baru deh kegalauan pengantar tidur dia muncul, bentuknya ya rewel-rewel gitu, begini salah, begitu salah. 😀

Ngantuk tapi masih pengen maen, bapak-ibunya udah 5 watt. Eiji jadi galau sendiri. Sampe sekarang belum nemu gimana ritual malam buat menghilangkan kegalauannya. 😦 Karena baba liong ga sanggup begadang, alhasil mommy nahan kantuk sampe pagi nemenin Eiji.

Eiji 4 bulan dalam kesibukannya bersama buku bantal.

Eiji 4 bulan dalam kesibukannya bersama buku bantal.

Ya gitu deh punya Eiji, capek tapi banyak senengnya. 😀

-RN-

Advertisements

Pemeriksaan Bayi Usia 3-4 bulan dan Penyuluhan Diet di Jepang

Sebelum lupa dan kelewat, tengah malam gini harus segera menuangkannya dalam blog. Mudah-mudahan ada manfaatnya suatu saat nanti. Jadi, pagi tadi saya dan Eiji memenuhi jadwal untuk pemeriksaan bayi usia 3-4 bulan di kuyakusho (kantor kecamatan). Undangannya datang sekitar 1.5 bulan yang lalu. Sistemnya begini, di Jepang semua bayi yang lahir wajib dilaporkan segera setelah kelahirannya ke kantor kuyakusho. Semua data terintegrasi (yang nantinya digunakan sampai si anak masuk sekolah dan seterusnya), ketika bayi berusia sebaya (usia 3-4 bulan) akan mendapat undangan untuk melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan di kuyakusho. Pemeriksaan tersebut meliputi cek berat badan, kemampuan fisik, motorik, dan tumbuh kembang anak pada usia ini.

Motorik halus Eiji terasah dengan buku bantal.

Motorik halus Eiji terasah dengan buku bantal.

Sesi yang menarik adalah sesi penyuluhan tentang diet pada bayi. Dimulai dari persiapan pemberian makan saat MP-ASI nanti, sampai dengan tahapan dan perawatan gigi pada anak. Dijelaskan secara mendetail tentang apa saja yang harus diberikan, frekuensi, beserta menunya. Demikian juga tentang perawatan gigi susu jika mulai tumbuh.  baca selanjutnya

Pecinta Barang Kuno

Saya adalah salah satu pecinta barang kuno. Lebih tepatnya, barang-barang jadul yang sebenernya udah harus ‘dimuseumkan’ alias enggak dipake lagi. Bukan barang-barang jadul ala artefak gitu loh ya… 😀

Kebiasaan ini baru saya sadari akhir-akhir ini, ketika melihat dan menyadari bahwa ada tumpukan barang-barang baru yang nggak saya pake karena saya terus-terusan pake barang lama. Misalnya sepatu, meski udah ada sepatu baru dan emang sepatu saya sudah jadul alias sudah saatnya ganti, tapi ya teteeepp aja pake sepatu lama karena nyaman banget. Nunggu ampe bener-bener ga bisa dipake lagi kayaknya! Begitupun dengan baju, jaket, tas, dan barang lainnya. Jadi deh akhirnya numpuk, pas liat tumpukan itu akhirnya stres sendiri. Jadi ngerasa menyesal karena mubazir gitu. 😦 Ternyata setelah diingat, kebiasaan ini telah saya lakukan bertahun-tahun. Saking cintanya dengan barang jadul yang nyaman dipake, baju saya jaman kuliah masih ada yang saya pake sampe sekarang. Jangankan baju kuliah, baju jaman SMA pun masih ada dan bisa dipake, untungnya baju jaman SMA enggak dibawa ke sini jadi saya enggak bisa pake. Kalo dipake, betapa jadul dan usangnya baju itu. 😀 Demikian halnya dengan kerudung, sebenernya ada beberapa yang lain tapi ya gimana ya… karena itu yang nyaman, jadi deh terus-terusan dipake sampe usang! Kasian sih kalo diliat-liat, kayak dia udah pengen digantikan dengan yang lain tapi dia itu nyamaaan banget dipake. Jadi deh kayak ga punya baju/kerudung lain, ihihihi…  baca selanjutnya