Hadits Tentang Teman Bergaul

1

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap. (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Saya sedang merindukan teman-teman yang selalu mengingatkan tentang akhirat, sehingga mendorong untuk selalu berlomba dalam kebaikan. Saya merindukan teman-teman itu, para pecinta akhirat, mereka menghabiskan masa remaja dengan hal-hal bermanfaat. Saya sangat mencintai mereka.

Bertambah umur, bertemu dengan banyak orang, berbagai latar belakang membuat saya semakin merindukan teman-teman yang sederhana memandang dunia. Sekedar cerita, saya bertemu dengan seseorang, hampir seluruh ucapannya dan memandang segala sesuatu berdasar timbangan materi. Kehidupan dunia yang sangat berbeda dari orang-orang yang saya kenal selama ini. Saat bersamanya, terasa lelah. 😦

Dengan teman ini benar-benar membuat saya lelah, mungkin sementara cukup di sini. Saya ingin nge-charge energi dulu, mencari teman-teman pengingat akhirat. Yang membuat kita ikut bersemangat berbuat baik ketika bersama mereka. Yang ucapannya mengingatkan pada Allah dan memandang dunia dengan sederhana. Saya pernah memiliki teman-teman seperti ini. Saat ini saya benar-benar merindukan kehadiran mereka. 😦

-RN-

Leave a comment