Pemeriksaan Kehamilan Usia 28 Minggu dan 30 Minggu

Jumat, 23 Oktober2015

Usia kehamilan tepat 28 minggu. Tidak seperti biasanya, saya mengambil jadwal hari Jumat karena Ayah Eiji sedang tidak ada di rumah pada hari Sabtu. jadi Eiji harus dibawa ke klinik Muraguchi. 🙂 Pemeriksaan seperti biasa, hari itu adalah jadwal pemeriksaan glukosa dan hemoglobin. Hasilnya, glukosa normal dan Hb rendah! Artinya saya anemia. Pada trimester pertama Hb saya 12.5 (sangat bagus), memasuki trimester ketiga ngedrop di angka 9.8. Jadi dokter meresepkan Fe atau zat besi yang harus diminum rutin sehari 2x. 

Anemia di trimester ketiga normal dan sangat banyak dialami oleh ibu hamil. Karena saat itulah nutrisi sangat diserap dan janin berkembang pesat-pesatnya menuju saat kelahiran. inilah pentingnya rutin periksa selama hamil agar kesehatan ibu dan bayi terpantau dengan baik. Di Jepang, selama hamil tidak diberikan vitamin tertentu kecuali jika ada indikasi medis. Nggak ada pula susu hamil ato harus nebus vitamin segepok. 😀 Asal makan teratur dan menu gizi seimbang, insyaaAllah sehat. 🙂 Jika anemia tidak diobati, maka akan membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

Jumat, 6 November 2015

Kehamilan tepat di usia 30 minggu. Saya membuat jadwal jam 9 pagi ke rumah sakit. Alhamdulillah antri nggak lama, berat badan sudah mencapai kenaikan sekitar 5 kg. 😀 Perut rasanya segendut saat Eiji sudah mau lahir dulu. Tapi ini baru 30 minggu, artinya perutnya lebih gendut sekarang. hihihi… Si bayi berarnya kisaran 1500gram, hampir 1600 gram. Alhamdulillah nggak ada masalah.

Eiji dan kembarannya. Kiri: hasil usg 3D si akachan, kanan: Eiji saat usia 2 bulan.

Eiji dan kembarannya. Kiri: hasil usg 3D si akachan, kanan: Eiji saat usia 2 bulan.

Dalam tayangan live USG, ternyata sangat mirip dengan Eiji! 😀

-RN-

Leave a comment