Austria 2013: Hohensalzburg Castle

Salzburg adalah salah satu kota tua yang terletak di wilayah Austria. Kota ini terkenal dengan sebutan Mozartstadt karena di sinilah kota kelahiran dan tempat tinggal Wolfang A. Mozart. Bagi pecinta musik klasik, pasti akrab dengan nama ini. Salzburg memiliki banyak tempat menarik, salah satunya adalah Hohensalzburg castle. Sebuah kastil kuno yang mulai dibangun pada 1077 dan masuk dalam salah satu daftar warisan kebudayaan dunia UNESCO.

Perjalanan dari stasiun Salzburg cukup sejuk saat itu, kebetulan kami ke sana pada saat musim gugur. Wisata menarik pertama adalah Mirabell Palace. Tempat ini sangat terkenal setelah menjadi lokasi syuting film The Sound of Music *saya juga belum tau seperti apa filmnya.😀 Di dalamnya terdapat taman yang tertata rapi (mirabell garden), air mancur, dan bangunan dengan nuansa Eropa kuno.

23

gambar dari wikipedia.

Kami terus berjalan menyusuri taman Mirabell, di mana daun pepohonan di sana telah menguning dan rontok. Entah mengapa, bagi saya nuansa romantis selalu muncul di musim gugur.😀 Setelah menyusuri jembatan di atas sungai Salzach, airnya jernih, di pagar jembatan terdapat banyak gembok cinta. Sesuai budaya Eropa, konon katanya agar ikatan menjadi abadi dan tertulis harapan masing-masing pasangan.😀

19

poto diambil dari jembatan sungai Salzach.

Kami disuguhi pemandangan kastil tua yang sangat menawan di seberang sungai.🙂

20

Jalan kaki terus berlanjut, kami menyusuri lorong kota yang sangat ramai oleh turis. Di salah satu lorong itu ada museum Mozart/Mozart geburtshaus. Enggak masuk sih, cuma lewat depannya aja.😉 Dari luar nampak bangunan tingkat berwarna kuning mencrang dan tertulis Mozart geburtshaus di atasnya. Inilah tempat di mana Mozart dilahirkan. Tentu lorong kota itu sangat padat, selain museum di sana juga banyak toko/butik terkenal dan restoran.

22

Tujuan utama sebentar lagi sampai, masih setengah perjalanan.😉 Kami telah berada di kaki bukit menuju kastil. Oke, perjalanan keras akan dimulai! huihihi.. lebay amat. Kastil itu terletak di puncak bukit, untuk mencapainya kita perlu berjalan kaki dengan tanjakan tinggi atau naik kereta cepat langsung sampai atas. Kurang seru rasanya kalo nggak jalan kaki kan ya?!😀 Yap, terus jalan nanjak, berkelok, makin tinggi, huah huah… ngos-ngosan… dan akhirnyaaaa… kami sampai puncak! Hasilnya?!? Perjuangan najak ngos-ngosan tadi terbayar dengan pemandangan yang MasyaaaaAllah sangat indah!! Semua poto saya di sini hasil jepretan dari kamera hape, kalo pake kamera pro pasti lebih keren hasilnya.

18

17

pemandangan ke bawah dari atas kastil.

21

Isi komplit keterangan dan gambar yang lebih banyak tentang Hohensalzburg castle silakan dibuka di sini. Kalo tadi naiknya ngos-ngosan nanjak, saat turun harus pasang rem kaki kuat-kuat. Hati-hati tergelincir. Seru dan menyenangkan!😀

Selamat menikmati!🙂

Pengalaman yang nggak akan lupa, saat turun dari kastil mendadak hujan deras, nggak bawa payung, nggak bawa jas hujan, dan heboh dorong stroller Eiji. Buru-buru lari menuju halte bus dan naik jurusan stasiun utama. Setelah beberapa saat di dalam bus, baru menyadari ternyata salah naik jurusan stasiun ke arah sebaliknya.😀 Lanjuuuttt… segera turun dan bisa ngejar ke stasiun menuju Munchen. Alhamdulillah, nyampe München Hauptbahnhof dengan lancar dan selamat sekitar jam 21.00. Wow!! Petualangan yang sangat seru!😉

24

salah satu souvenir yang dijual di sana.

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s