Menghadapi Masalah Jerawat

Perjalanan Menghadapi Masalah Jerawat

Kulit saya tipe sensitif dan acne prone. Sejak SMA masalah utama selalu jerawat. Tapi ya memang dasarnya cuek, ga peduli dengan urusan muka. Prinsipnya, asal badan sehat hati bahagia! 😀 Muka jerawatan, minyakan, hitam kebakar matahari, biarin aja! Wkwkwk… Asal jangan dekil. Haha… Saat itu mikirnya begitu. Jarang banget pake bedak, jangankan sunblock, pake pelembab aja males. Terus hobinya panas-panasan di lapangan. Ya iyalaaah makin parah itu muka. Memang nggak dirawat! Tapi masih usia belasan, masih muda, jadi cepet banget kulit beregenerasi. Pelan-pelan kuliah mulai sembuh. Nggak sampe mulus, tapi jauh lebih baik daripada jaman SMA. Mungkin masa puber juga sudah terlewati. Kuliah mulai mau dikit-dikit pake pelembab. Padahal pelembab itu penting banget! Di saat teman-teman dari SMA sudah rajin perawatan ke dokter kulit, apalagi jaman kuliah… kinclong2 lah teman saya. 😀 Saya masih sante aja. Skincare minimalis, cuci muka dan pelembab, sudah merasa cukup.

Makin lama mulai aware dengan kondisi kulit sendiri. Meski kulit tipe berminyak, kalo nggak dikasih pelembab maka kulit akan dehidrasi. Ketika dehidrasi, kelenjar minyak otomatis memproduksi minyak kulit lebih banyak. Terus permukaan kulit ketutup debu, kotoran, campur bakteri. Hasilnya JERAWAT. Jadi minimalnya diusahakan kulit jangan sampe dehidrasi. Rajin minum dan pake pelembab! Ini yang baru saya sadari setelah sekian lama akrab dengan kulit berjerawat. :)) Makanan jenis susu dan turunannya juga jadi pemicu jerawat bagi saya. Padahal saya suka banget dengan susu! 😦 Pokoknya tipe kulit acne prone itu, kalo ada yang nggak seimbang di tubuh; baik hormon, pola makan, olahraga, jam tidur; maka deteksi dininya LANGSUNG muncul jerawat. Gampang banget! Jerawat datang tanda ada yang nggak bener di badan. Gitu simpelnya.

Pindah ke Sendai, kulit muka jadi jauh membaik. Di sini minim polusi, udaranya bersih. Banyak makan ikan dan sayuran, jarang makan manis. Kebetulan saya nggak suka manis, tapi suka pedes. Wkwkw.. sama aja! Pedes juga sensitif bikin jerawatan. 😀

Musim panas memang paling sensitif untuk kulit. Lengket, gerah, jadilah pori2 tertutup. Di sanalah para jerawat muncul! Huhuhu…. Tea tree salah satu bahan alami untuk masalah “blemished skin” termasuk jerawat dan kawan2nya. Kalo rutin dan sabar pake ini, lumayan berefek positif ke kulit. Bikin jerawat jadi kalem terus sembuh! Cuma butuh waktu lebih panjang daripada obat dokter. Kalo sebiji, dua biji cukup pake ini. 😊

img_0255

Bertahun-tahun sudah tidak bermasalah lagi dengan jerawat, hidup  teratur dan mengkonsumsi makanan seimbang sepertinya jadi kunci utama. Muncul palingan sebiji, dua biji dalam sebulan. Normal. Namun akhir-akhir ini jam tidur saya nggak bener. Banyak begadang! Eh malah seperti jadi RUTIN begadang, pengen balikin lagi ke pola tidur normal lumayan susah. Tubuh langsung memberi peringatan, hiyaaaa…. jerawat tumbuh lagi! Semacam jerawat hormonal yang tumbuh di sekitaran dagu. Ini beneran sinyal tubuh kalo ada yang nggak seimbang di badan saya. 😦 Nggak sembuh diobati sendiri dengan tea tree oil, akhirnya ke dokter kulit. Huhuhu….

Akhirnya ke klinik juga! Musim ini jerawat datang bersama temannya dan sudah mengganggu. 🤧 Kalo kata dokter.. kurangi gorengan, makanan manis, dan tidur cukup. Tapi mau gimana lagi. Musim panas itu tidur makin LARUT, bangun makin PAGI. Jam tidur makin sedikit. 😑 Malah saking parahnya sering tidur dini hari. Buat balikin lagi ke jam tidur normal butuh proses lama nampaknya. Butuhnya memang hanya sabar. Kulit tidak seperti jaman ABG yang mudah beregenerasi, sekarang harus dengan bantuan perawatan. Kalo enggak, sampe perih dan sakit. Huhuhu… Belum lagi ngurusin bekasnya! Wkwkwk… Biarin ajalah, yang penting sembuh dulu. Urusan bekas, dirawat nanti!

Berikut ini beberapa produk skincare yang saya coba untuk mengobati jerawat. Jerawat saya adalah jerawat hormonal, yang muncul kalo ada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Sebenarnya bisa sembuh sendiri kalo tubuh kembali seimbang. Tapi sampe bulan ini nampaknya belum seimbang juga kondisinya. 😦 Pake skincare ini ada hasilnya, lumayan bikin kulit membaik. Paling penting memang memperbaiki pola hidup, memperbaiki jam tidur kembali normal dan nggak begadang. Ini gimana caranya? Sudah dicoba berbagai cara biar cepet tidur tapi belum berhasil! :)) Sabar… Sabaarrr….

Produk skincare hanya membantu kulit membaik dari luar. Namun terapi dari dalam tubuh lebih penting! Memperbaiki jam tidur, asupan nutrisi, stres, itu kunci internal. Ahh perjuangan masih panjang! Balikin dulu jam tidur… huhuhu. Semoga segera pulih seperti sedia kala duhai kulit! ❤️

Salam,

-RN-

One thought on “Menghadapi Masalah Jerawat

  1. Pingback: Hidup Sawang Sinawang: Jomblowati Beberapa Hari | Pojok Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s