Perjuangan itu Bernama Melahirkan

Alhamdulillah, hari ini (Jum’at) tepat sepekan yang lalu momen “melahirkan” terlalui dalam hidup saya. 🙂 Sebelum cerita lebih panjang, biar lengkap mao cerita dulu perkembangan janin uk 39 *nanggung sih kalo ga diceritain. 😀

BBJ: sekitar 3000gr (normal)

BBI: 54.3kg (turun 0.1)

Hasil CTG bagus, akachan genki! belum ada kontraksi berarti. :)

Terakhir periksa pas uk 39w1d, tepatnya hari Rabu (22 Agustus 2012). Dari hasil pemeriksaan terakhir belum menunjukkan tanda-tanda akan segera melahirkan (due date 28 Agustus 2012). Jadi dokter pun membuatkan janji untuk periksa lagi pekan depan di uk 40w1d (29 Agustus 2012).

Wokey!! Setelah beres urusan di RS, siang itu saya pun melanjutkan jalan-jalan ke downtown daerah Sendai eki dan sekitarnya. Memang sudah diniatkan jauh-jauh hari sejak Ramadhan kalo harus nambah porsi jalan kaki agar gampang melahirkan. 😀 Soalnya pas Ramadhan kan ceritanya penghematan energi, musim panas pula, jadi ngendhon aja di rumah. 😛 Selesai Ramadhan sudah harus benar-benar meniatkan diri untuk buanyak-buanyaaak jalan. 😀 Jadi deh, beres dari RS dilanjut ngukur jalan keliling downtownbaca selanjutnya

Advertisements

Impian Saya!

Mimpi boleh kan yah? *sambil nunggu subuh* 😀

Makin ke sini makin jelas mau ngapain selanjutnya, insyaAllah…

Pertama, tentu pengen jadi ibu yang baik *liat perut* makin konkret kalo wajib, harus, kudu berusaha jadi ibu yang baik. 😉 Tentu juga istri yang baik. huidiiiih 😀

Kedua, pengen sekolah. Yang ini kayaknya ga pernah terkubur. 😛

Setelah sekolah, ga pengen kerja! *nah lo!  baca selanjutnya

Perkembangan Janin 37w-38w

Waktu berjalan semakin cepat, sekarang sudah berada di penghujung Ramadhan *malam ke 27*. Hayo gimana kabar ibadahnya? tetep semangat kan?! 😉

Selama Ramadhan alhamdulillah si akachan bisa diajak kerjasama dengan baik, alhamdulillah puasa lancar, stamina OK, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Rekap cerita akachan pas cek usia 37w:

BBJ: 2.792gr (normal)

BBI: 54.0kg

Pada usia ini paru-paru janin sudah cukup matang, jika lahir pada usia ini maka tidak perlu khawatir prematur.

Hasil CTG alhamdulillah semua bagus, akachan genki! 🙂

Cek 38w:

BBJ: 2.902 (normal)

BBI: 54.4kg

Hasil CTG memuaskan, posisi kepala sudah OK tapi belum masuk panggul. Mommy worry? Enggak dong… Mommy yakin akachan tau kapan waktu terbaik masuk panggul. 😉

Di usia ini bayi siap dilahirkan, tapi mommy berdoa lahirnya setelah lebaran aja yaa…. ihihihi. Soalnya baba liong masih sibuk banget, mommy juga masih pengen jalan-jalan bawa perut. 😛 Jadinya, sampai hari ini belom ada tanda-tanda melahirkan. 😉

Secara umum, alhamdulillah stamina fisik tidak ada masalah, tidak ada bengkak, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Secara psikis juga enggak stres, konsen menikmati Ramadhan, ga perlu galau memikirkan gimana ntar melahirkan dan kapan akachan lahir. Pokoknya menikmati banget masa-masa sekarang! 😀

Oya, kontraksi palsu juga mulai muncul. Oalaaah… ini toh yang namanya  Braxton Hicks contractions. Jadi tuh kontraksinya “tipu-tipu” gitu. Muncul tiba-tiba, ilang cepet, dan ga beraturan. Dun wuri, belom waktunya melahirkan. 😉

Wokey… selamat menikmati malam ke-27 Ramadhan! Tetep sehat tetep semangat!! 😀

-RN-

Perkembangan Janin 35w-36w

Melanjutkan cerita sebelumnya, seputar perkembangan akachan pada uk 35w:

BBJ: 2.464gr (normal)

BBI: 53.3kg

Posisi kepala di bawah.

Pada pekan ini juga dilakukan tes Group B Streptococcus, mudah-mudahan hasilnya negatif. 🙂

Pas di usg, si akachan menyembunyikan mukanya jadi ga keliatan deh ekspresinya! Tapi keliatan dan keambil poto lagi maenan tangan (tangannya menggenggam) gitu. 😀

Setelah ini, pemeriksaan dilakukan tiap pekan sekali.

————————————————————————————

Cek uk 36w:

BBJ: 2.514gr (normal)

BBI: 53.4kg (naik 0.1gr dalam 1 pekan)

Posisi kepala di bawah.

Pekan ini juga dilakukan cek fetal heart rate: cardiotocography (CTG), pemeriksaan detak jantung janin dan frekuensi kontraksi; dilakukan selama 20-30 menit. Beberapa kali si akachan gerak-gerak sampe perawat ngebenerin alatnya. 😀 Saat itu kita bisa dengar suara detak jantung janin dengan sangat jelas. Pemeriksaan ini akan dilakukan sampai kelahiran.

Pas di USG kali ini, kelihatan mukanya. Tapi… lagi-lagi si akachan lagi maen! Maenin tangan pegang pipinya. 😀 Belum lahir pun udah suka maen ternyata! 😀

Alhamdulillah puasa sampai hari ini lancar, BBI juga ga naik banyak. Semua optimal diserap si akachan. 😉 Kenaikan BBJ juga normal, jadi ga ada batasan harus diet makanan tertentu *masih rajin makan es krim! hehehe 😛 Sejauh ini hasilnya baik semua, mudah-mudahan luancaaarrr sehat terus sampe tiba hari H.  Aamiin…

-RN-