Jadwal Vaksinasi Eiji: Japanese Encephalitis dan Influenza

Halo pembaca!

Alhamdulillah, akhirnya sempat kembali menyambangi blog ini. ๐Ÿ˜‰ Ada beberapa hal yang pengen diceritakan, mari kita mulai satu per satu. ๐Ÿ™‚

1

Musim gugur di Sendai hampir berakhir, sebelum musim dingin tiba sangat dianjurkan untuk melakukan vaksinasi influenza dalam rangka menghadapi musim dingin. Apalagi buat orang yang kesehariannya banyak keluar rumah. Diutamakan untuk para anak-anak dan lansia.ย 

Rabu, 11 November 2015

Mumpung cuaca cerah, saya memutuskan untuk pergi ke Kimachi Shonika (dokter anak langganan sejak Eiji lahir) dalam rangka memvaksin Eiji. Secara umum, di usia tiga tahun ini Eiji sudah mendapatkan imunisasi komplit. Satu lagi, vaksin Japanese Enchepalitisย (JE) bisa diberikan saat anak berusia tiga tahun. Bagi pemerintah Jepang, ini merupakan keharusan untuk warganya. Nah, karena kami nggak tahu bakal tinggal di Jepang sampe kapan… Lebih amannya, memberikan vaksin ini untuk Eiji sebagai proteksi dini. ๐Ÿ™‚ Ini adalah JE kedua untuk Eiji. JE pertama sudah diberikan satu bulan lalu.

Vaksin kedua yang diberikan hari ini adalah vaksin influenza.ย Dosis yang harus diberikan adalah 2 kali. Hari ini yang pertama. Jadi, kanan dan kiri lengan Eiji disuntik oleh eyang dokter. ๐Ÿ™‚ Bagaimana reaksinya? Anteng aja! ๐Ÿ˜€ Nggak nangis maupun teriak, hihihi… Memang dari bayi si bocah ini sangat kooperatif saat divaksin. ๐Ÿ˜€ Perawat-perawat di klinik itu selalu memuji Eiji karena sikapnya yang manis saat di ruang dokter, hahaha… Kebanyakan anak kan paling nggak suka ketemu jarum suntik. Nah, kalo Eiji paling semangat pergi ke dokter anak. Kenapa??? Karena di sana banyak buku! wkwkwk… Plus, setelah divaksin, dapat plester gambar lucu yang ditempel di bekas suntikan tersebut. Itulah yang membuat Eiji selalu semangat tiap kali dikasih tau bahwa akan vaksin ke eyang dokter anak. ๐Ÿ˜€ Lucu juga ya alasan dia! hihihi

Inilah tempay favorit Eiji di klinik anak:

wpid-img_20151111_181820.jpg

banyak buku menarik

wpid-img_20151111_181732.jpg

nunggu antrian sambil bongkar buku ๐Ÿ˜‰

Nah kalo ini, daftar harga vaksin di Jepang:

wpid-img_20151111_181501.jpg

Harus niat dan rajin nabung agar bisa memberikan vaksin komplit untukย anak! ๐Ÿ™‚ Mahal? Iya! Tapi nggak ada yang mahal untuk ย proteksi kesehatan. Nabungnya bukan buat syopping kan! :))

InsyaaAllah pekan depan jadwal vaksin influenza yang kedua. Semoga cuaca cerah, jadi bisa sambil jalan-jalan menikamati sisa musim gugur. ๐Ÿ˜‰

wpid-img_20151112_111222.jpg

bonus maen ke taman setelah pulang dari dokter anak.

wpid-dsc_2959.jpg

pungut sampah cantik!

Sampe jumpah di ceritah selanjutnyah! ๐Ÿ˜‰

-RN-

Advertisements

3 thoughts on “Jadwal Vaksinasi Eiji: Japanese Encephalitis dan Influenza

  1. Pingback: Membiasakan Anak Berani ke Dokter | Pojok Cerita

  2. dear mbak… aku mau nanya, vaksin JE ini minimal utk anak usia 3 tahun ya? dokter anak saya di Indonesia mulai menyarankan utk vaksin JE ini ketika anak saya usia 1 tahun… saya pun saat ini masih dlm tahap nanya sana sini, blm berani vaksin JE mengingat di Indonesia vaksin ini kurang populer… mohon pencerahannya mbak apabila berkenan, hehehe ๐Ÿ™‚

    • Halo mba Adinka,
      Terima kasih sudah mampir ke sini. ๐Ÿ™‚
      Vaksin JE bisa dilakukan sejak bayi di atas usia 2 bulan. Namun setiap negara mempunyai otoritas tersendiri terhadap vaksin dan jadwal pemberiannya.
      Kalo menurut jadwal IDAI bisa dilakukan kapan di Ind? Salah satu daerah endemik JE di Ind adalah Bali, kalo sekiranya dalam waktu dekat akan ke sana sebaiknya vaksin terlebih dulu. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s