Pertemuan dan Perpisahan

1

Tak terasa waktu berlalu dengan sangat cepat. Baru tersadar setelah beberapa keluarga besar warga Indonesia telah meninggalkan Sendai dan kembali ke tanah air. Saya tersadar, ini sudah 2013! Saya datang ke Sendai pada 2009. Saat itu banyak keluarga dengan anak-anak dan tentu saja banyak teman ibu rumah tangga di sini. Taun lalu, 2012 adalah rombongan keluarga bersamaan kembali ke Indonesia. Tahun ini 2 keluarga besar juga kembali ke tanah air. Beginilah rasanya perpisahan setelah sekian tahun bertetangga di sini. Kami dari berbagai daerah: pulau Jawa, Sumatera, Lombok, Sulawesi bertemu di Sendai dan kemudian kembali berpisah. Singkatnya, ibu-ibu yang biasa kumpul rame untuk pengajian atau belanja bareng, sekarang sudah tidak ada. Ya, sedih tentu! Tapi beginilah pertemuan, tentu saja ada perpisahan. 

Ada banyak kenangan dengan beliau-beliau, dengan berbagai cerita masing-masing yang akan tersimpan rapi dalam ingatan. Semoga persaudaraan tetap terjalin sampai kapan pun. Di Sendai inilah kami bertemu saudara baru dan saling mengisi cerita.

Jika tahun lalu teman Korea meninggalkan Sendai, maka sebentar lagi teman saya dari Ghana pun akan segera kembali ke negaranya. Rasa lengang tentu terasa, tapi tidak boleh berlarut. Alhamdulillah ada teman-teman baru yang saya kenal, bahkan telah terjalin hubungan akrab di antara kami. Beberapa waktu lalu saya mendapat teman baru dari Vietnam. kebetulan memiliki anak laki-laki sebaya dengan Eiji. Kami pun nyambung untuk sekedar pergi bersama, mengikuti kelas baby massage, belanja, ngobrol, dll. Ada pula teman dari Libya, alhamdulillah sudah terjalin hubungan dekat, sama-sama muslim makin nyambung topiknya. Dan beberapa teman Bangladesh. Kenal budaya baru, topik baru, cerita baru, dan tentunya pengalaman baru.😉

Pertemuan akan datang bersama dengan perpisahan. Di mana pun dan kapan pun itu kita sendiri yang memilih untuk bahagia atau tidak, kesepian atau tidak.

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s