Kakek Jepang Fasih Bahasa Indonesia

Ceritanya lagi jalan dari rumah menuju halte bus di depan Kunimi Shogakkou, belum nyampe halte bus ada kakek yang sudah sangat sepuh *yang juga sedang ngantri nunggu bus* menghampiri lantas menyapa:

Dari Indonesia?

Wow! rada kaget, pengucapannya jelas sekali. Saya bilang “iya, dari Indonesia”. Awalnya kaget, tumben-tumbenan yang nebak langsung bener, biasanya suka ketuker ditanya orang Malaysia ato Indonesia. Kami pun ngobrol dengan bahasa Indonesia. Si kakek fasih banget bahasa Indonesia-nya.

Kakek cerita bahwa pernah tinggal di Surabaya selama 30 tahun, trus balik ke Jepang. Awal datang ke Indonesia sekitar 70 tahun yang lalu.

Saya mikir: kalo 70 tahun yang lalu, jangan-jangan si kakek ini veteran perang tentara Jepang?!?😀

Si kakek melanjutkan ceritanya, sekarang campur-campur pake bahasa Jepang dan Indonesia. Kakek bilang pas dia datang, orang Indonesia ga boleh sekolah sama Belanda. Zenbu wakaranai… gitu katanya.

-> wah beneran nih, makin yakin si kakek ini mantan tentara Jepang.😀

Saya ga ngungkit soal jaman bahula *betapa kejamnya Jepang😀 cukup mendengarkan dan menimpali cerita kakek. Si kakek keliatan excited banget ketemu orang Indonesia, sumringah gitu pas cerita. Istrinya hanya tersenyum berdiri di sebelah kami, ga paham apa yang kami obrolkan.😀

Akhirnya obrolan kami terputus saat bus datang. Saya duduk di kursi belakang dan kakek-nenek di priority seat. Pas mau turun di byoin, si kakek menyempatkan diri “bye-bye” datang ke bangku belakang kemudian pamitan ke saya. Hmm… perkenalan singkat yang menarik.🙂

NB: kalo 70 tahun yang lalu si kakek ke Indonesia, anggap aja umurnya saat itu 20 tahun. Berarti sekarang kurang lebih udah 90 tahun dong! Wow… ingatannya masih cespleeenggg! Masih jalan-jalan, naik bus tanpa alat bantu apapun.

-RN-

One thought on “Kakek Jepang Fasih Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s