Ngidam: Bawaan Dedek

Fenomena ngidam yang biasa dialami oleh ibu hamil, kalo dalam istilah medis pasti ga ketemu arti/padan kata itu. Ngidam adalah sebuah keadaan di mana seorang ibu hamil menginginkan sesuatu, berupa makanan, minuman, perbuatan, maupun kebiasaan yang “mendadak muncul” saat hamil. Mendengar cerita ngidam, kisahnya unik dan kadang seperti tidak masuk akal. Misalnya:

  1. Ngidam membenci suami, ga pengen liat mukanya, pengennya jauhan
  2. Ngidam minta mangga dari pohon tetangga tengah malam, harus si suami yang manjat sendiri
  3. Ngidam pegang kepala bapak botak
  4. dll

Masih banyak lagi kisah ngidam yang sulit dimengerti, hehehe… Wah, repot atuh kalo pengen nyolek kepala bapak tetangga. :P 

Saat hamil memang ada banyak perubahan fisik, biologis, psikologis, terutama perubahan hormonal yang mempengaruhi mood ibu hamil. Kalo pengennya masih hal-hal wajar, misalnya makan rujak, buah asem, makanan segar, gurih, pokoknya yang masih bisa dinalar dan mudah didapatkan menurut saya adalah hal yang wajar. Bisa dimaklumi karena saat hamil muda memang rasa lidah menjadi agak “aneh” tidak seperti biasanya. Nah kalo ngidamnya yang aneh-aneh dan tidak logis, kemudian ketika tidak dituruti maka bumil mengatakan “ini bawaan dedek, nanti dedek-nya ngecees loh”… Wah, repot dong kalo gitu, hehehe. Dalam dunia medis tidak ada korelasi antara ngidam yang tidak dituruti dengan fenomena ngecees pada bayi setelah dilahirkan. Logisnya sih, si ibu hamil pengen dapat perhatian lebih dari suami, hahaha.😛

Berdasar pengalaman saya, memang trimester pertama pengennya yang segar-segar karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan hormon plus morning sickeness. Itu pun hal-hal yang dipengenin masih bisa kita kendalikan sendiri. Saya mikir kalo pengennya yang aneh-aneh,  yang cuma ada di Indonesia, bisa repot dong. Akhirnya kalo ga terpenuhi jadi stres sendiri *ogaaahh ah*.😀 Untungnya pikiran masih bisa mikir logis kalo saya hamil di Jepang jadi pengen buah yang ada di sini aja, hehehe. Trus juga mikir suami udah sibuk banget dengan kerjaannya, kesian kalo saya ngeluh macem-macem, minta ini-itu, kesian lah udah kehabisan waktu dia-nya. Pas trimester pertama saya sempat pengen makanan tertentu, saat itu memang ga bisa masak sendiri karena mabok, tapi juga ga harus hari itu dipenuhi. Pengen daun singkong *emang dari kecil udah suka banget daun singkong* tapi ga sampe menggebu-gebu harus diturutin saat itu juga, karena bosan dengan sayuran musim dingin di Jepang. Baru pas mudik ke Indonesia bisa makan banyak, karena ingat nutrisi daun singkong mencegah anemia.😉

Tapi mungkin berbeda-beda kali ya yang dialami oleh ibu hamil lainnya. Ada yang mungkin harus dipenuhi hari itu juga.

Kita sering dengar kalo ibu hamil ada yang mendadak jadi malas ngapa-ngapain, males mandi, males sisiran, pokoknya males gitu. Di trimester pertama memang karena morning sickness jadi rasanya ga terlalu mood, tapi itu bukan karena bawaan dedek loh yaaa… Kesian amat si dedek seolah jadi penyebab ibunya males-malesan, heuhehe. Namun di trimester kedua biasanya kondiri tubuh sudah beradaptasi, morning sickness udah berkurang bahkan hilang, sehingga mood bisa kembali baik. Nah kalo sepanjang hamil males melulu, itu sih bawaan si ibu, bukan bawaan si dedek.😀

Ada juga mitos:

Males dandan, males beberes, males mandi, males masak, males sisiran, males ngapa2in -> baby boy. Rajin dandan, rajin masak, rajin mandi, rajin ngapa2in -> baby girl.

Kalo saya sekarang: males dandan *emang dari dulu ga suka dandan*, males pake asesoris, tapi tetep rajin mandi kok.😛 NO “pabalatak” makin strik bersih-bersih. Mood Ok, cuaca Ok, dan semangat OK* termasuk rajin masak dan bersihin kamar mandi.😀 kira2 baby boy ato baby girl? -> yap, yang saya alami apakah sesuai mitos ato enggak, kita lihat nanti.😉

Intinya sih begini:

Males ini males itu, ga suka ini ga suka itu, ngidam ini ngidam itu, doyan ini doyan itu, dll… ini sih bukan bawaan dedek tapi bawaan emaknya. Kesian ah klo apa2 yang dirasakan bumil trus kita bilang “bawaan bayi”, kesian bayinya, jadi kayak yang disalahin.😀 Misal emaknya males mandi yang disalahin “bawaan dedek” ato jadi lahap makan “bawaan dedek”, hehehe… makan lahap bisa jadi pengaruh hormon plus perkembangan fisik yang pesat. Yuk mari kita tanamkan perubahan pemikiran saat hamil agar tidak membiasakan klo ada perubahan tertentu di diri kita, kita bilang “bawaan dedek/bayi”.😉

Ngidam boleh dan wajar dialami ibu hamil, bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh ibu butuh makanan dengan zat gizi tertentu. Misalnya ibu ngidam mangga muda, mungkin saja tubuh ibu sedang butuh tambahan vitamin C. Asalkan tidak menyulitkan diri sendiri maupun orang lain, plusss ngidamnya makanan/minuman yang sehat ya. Jangan junk food yang ga baik untuk tubuh ibu dan janin, hihihi. Tenang, ngidam bisa kita atur kok.😉

Segala proses yang terjadi selama hamil adalah anugerah, tinggal bagaimana kita menikmatinya. Yuk, bahagia selama hamil.🙂

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s