16 Pekan: Apa bahasa Jepangnya demam berdarah?

Hasil cek komplit sebulan lalu udah keluar, alhamdulillah semuanya baik OK, sehat. Pekan ini mulai USG perut, yuhuu… 16 pekan aka 4 bulan. Tak ada kata-kata merdu selain ucapan dokter yang mengatakan si akachan sehat, alhamdulillah.😀 Beratnya normal 117 gram, perkembangannya pesat, dan makin penasaran menunggu kelahirannya nanti. Tak lupa nanya jenis kelaminnya agar lebih mudah mempersiapkan macem-macem, euuhmm… ternyata dia malu-malu, ga mau keliatan, nutupin pake kakinya.😀 Yasudah, gapapa sayang yang penting semuanya sehaaattt!😉

Demam berdarah bahasa Jepangnya apa?

Oya, sebelum ketemu dokter seperti biasa ada interviu dengan perawat. Ditanya ada keluhan, de-el-el, trus perawat juga nanya tentang transfusi darah yang pernah dilakukan. Saya bilang pas taun 2006 lalu pernah transfusi karena trombosit rendah, penyebabnya sakit demam berdarah. Nah lho, saya ga tau bahasa jepangnya “demam berdarah” itu apa?😀 menunjukkan hasil googling pun si perawat juga ga paham. Maklum-lah di Jepang ga ada penyakit DB.😀 Akhirnya dia nulis thrombocyte, ntah dimaknai apa.😀

Nah pas ketemu dokternya, sebelum pemeriksaan saya memperjelas transfusi yang pernah saya lakukan.

Kesshōban ga hikui desukara…. bla bla bla.

Terus nerjemahin DB dengan kata “dengunetsu”. Berharap si dokter paham maksud saya.😀 Dilanjutkan memperjelas kalo penyakit itu hanya ada di negara-negara tropis. Untungnya si dokter bisa memahami nihongo acakadut ngawur soal DB.😀 Transfusinya berupa trombosit aja.

Mudik

Tak lupa juga bilang kalo mau mudik bentar lagi, untuk memastikan semuanya baik-baik saja dokter minta cek USG transvaginal buat liat ada perdarahan ato enggak. Alhamdulillah kamo shirenai. Trus buat jaga-jaga kalo nanti di pesawat kerasa kontraksi, dikasi resep obat, diminum pas ada keluhan aja. Kalo ga ada keluhan ga perlu diminum. Mudah-mudahan ga ada keluhan… Aamiiin.😉

Mudah-mudahan tetep sehat semuanya, lancar mudik, trus balik lagi ke Sendai pas pekan pemeriksaan 20 pekan.😉

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s