Pertanyaan Sulit

Saya paling males memberi pertanyaan atau pun menjawab pertanyaan sulit. Bagi saya, memberi maupun menjawab pertanyaan itu bukanlah hal yang penting. Selama bergaul, mendengar cerita dan pengalaman orang lain, ada dua jenis pertanyaan sulit. 

  1. Menanyakan kapan menikah kepada orang yang sudah cukup umur untuk menikah. Kalau kita menanyakan hal ini kepada ABG atau orang yang dirasa “belum cukup umur” dan belum pengen untuk menikah, mereka akan menanggapinya dengan santai dan bukan menjadi pertanyaan sulit. Namun beda halnya jika kita menanyakan hal ini kepada orang yang sudah cukup umur untuk menikah (kecuali yang memang sudah merencanakan tanggal pernikahannya), hal ini menjadi pertanyaan “serius”. Nah, saya paling males buat nanya-nanya yang demikian karena ga ingin membuat orang sulit untuk menjawabnya. Pikir saya, mereka sudah cukup umur pasti sudah memiliki rencananya sendiri.
  2. Menanyakan kapan memiliki anak kepada orang yang sudah cukup lama menikah. Kalau pasangan yang baru menikah ditanya hal demikian mungkin responnya excited untuk menjawab. Beda halnya dengan pasangan yang sudah beberapa tahun menikah namun belum memiliki anak, ini adalah pertanyaan sulit untuk mereka. “Itu lagi… itu lagi… emang ga ada pertanyaan lain ya?” Karena mereka juga tidak tau kapan punya anak. Nah, paling ga minat nih menanyakan dan menjawab pertanyaan model ini.

Kalo nanya kapan nikah ke ABG ato orang yang belum minat nikah maupun kapan punya anak ke pengantin baru, masih bisa-lah dilakukan misalnya untuk mencairkan suasana.😉 Tapi dua pertanyaan di atas yang paling saya hindari untuk ditanyakan kepada dua kategori teman-teman tadi.

Pikir saya, apakah kita punya solusi selanjutnya setelah bertanya kepada mereka. Misalnya: ikut mencarikan jodoh maupun memberi solusi agar cepat punya anak. Namun kebanyakan orang sekedar bertanya tanpa memberi solusi selanjutnya.

Mungkin kadar sulitnya sama dengan pertanyaan: “kapan mati?”

-RN-

2 thoughts on “Pertanyaan Sulit

  1. Kapan-kapan..😀
    Hehehe yang jelas, setiap manusia kan pasti berusaha mewujudkannya, yang single pengen nikah, yang udah nikah pengen punya anak, yang sedang kuliah pengen lulus, yang sudah lulus pengen dapat pekerjaan bagus, ya dijawabnya ‘doakan saja, lagi berusaha sebaik-baiknya dan mohon ridho Allah’.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s