Mommy wanna be: Pemerikasaan Kehamilan di Jepang

Rasanya lama banget ga cerita tentang si akachan. Iya sih, melewatkan tiga kali cerita pas jadwal periksa, hehe… Oya, sekarang ceknya udah di rumah sakit “daigaku byoin”. Kemaren cek kedua di sana, umurnya 12 pekan 3 hari. Alhamdulillah semuanya OK, akachan genki! Badannya semakin besar, bentuknya makin jelas, sehat!😀 Nah sesuai prosedur pemerintah Jepang, usia kesekian harus melakukan berbagai jenis screening. Jadi kemaren lumayan lama di byoin. Cek umum “wajib” setiap periksa antara lain: berat badan, tekanan darah, tes urin (cek protein dan gula), dan USG. Usia 8 pekan: tes gula darah dan antibodi rubella. Sedangkan cek kehamilan usia 12 pekan, antara lain:

  1. golongan darah dan rhesus
  2. anemia
  3. antigen hepatitis B
  4. tes syphilis
  5. tes HIV
  6. uterine cancer examination
  7. antibodi hepatitis C
  8. Chlamydia antigen from cervix

Sedangkan yang opsional:

  1. Toxoplasma antibody
  2. HTLV-1 antibody
  3. Measles antibody
  4. Varicella antibody

Lumayan banyak, jadi pas diambil darah juga beberapa tube. Udahannya kelaperan! *doh apa hubungannya?😀

Sejak lepas di pekan ke 12 ato umur 3 bulan, alhamdulillah morningsickness juga ilang. Udah jarang mabok, palingan sesekali aja pas sore/malem. Itu pun ga tiap hari. Sekarang udah ga pusing lagi. Yah pokoknya badan rasanya lebih enak buat beraktivitas.😉

Oya, kan selalu dicek tuh berat badan tiap periksa. Kemaren berada di skor 46.6kg, ntar pas mao melahirkan berapa ya? Mudah-mudahan emaknya tetep langsing, huehehe…😀 Yang penting sehat semuanya. Aamiiin…. Yosh!! sampe jumpa sebulan lagi untuk pemeriksaan selanjutnya.😉

-RN-

One thought on “Mommy wanna be: Pemerikasaan Kehamilan di Jepang

  1. Pingback: 16 Pekan | Pojok Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s