Tekanan Darah

Ngobrolin tekanan darah, ada tiga macamnya. Tekanan darah tinggi, tekanan darah normal, dan tekanan darah rendah. Lebih detailnya, lihat di chart di bawah ini:

Pas kebetulan ke rumah sakit, sekalian cek tekanan darah. Sebenernya ga kaget dengan hasilnya, paling kisaran sekian sampe sekian.😀 Saya termasuk “anggota” tekanan darah rendah. Dulu pas di Indonesia, kalo cek tekanan darah selalu dikasi saran oleh dokter buat banyak olah raga agar tekanan darahnya normal. Wah, ketahuan deh kurang olah raga!!😀

Nah sejak tinggal di Jepang, jadwal olah raga ga pernah ketinggalan. Mungkin dalam sepekan bisa sampe 6 kali olah raga.😀 Entah jogging jalan kaki atau pun bersepeda. Pokoknya makin giat olah raga biar sehat!!😀 Itu berjalan udah hampir 2 tahun ini. Jadi kalo mengingat pesan dokter, saya PeDe dong buat cek tekanan darah! Yakin normal dengan hasilnya.😀 Inilah hasilnya:

97/52 mmHg.

Kalo melihat chart di atas: 97/52 termasuk tekanan darah rendah (hipotensi). Berarti saran dokter buat olah raga agar normal-in tekanan darah ga manjur dong! Haha.. becanda ding, maksudnya tetap harus olah raga biar sehat.😉

Oke! Kalo badan dalam kondisi sehat, maka tekanan darah saya selalu rendah. Tapi kalo badan lagi sakit, tekanan darah menjadi normal. Bisa mencapai kisaran 100-110/70 mmHg.

Nah, anehnya… kalo pas tekanan darah normal, saya malah pusing. Udah terbiasa rendah soalnya.😀

Jadi tetap harus disyukuri!😉 yang banyak pantangan adalah tekanan darah tinggi, soalnya ada berbagai jenis makanan dan minuman yang harus dibatasi. Pernah suatu ketika kami sekeluarga makan duren rame-rame. Dasar penggemar duren! maka duren satu glundung isinya banyak, saya habiskan sendiri! *maruk*😀 Ibu saya yang lihat langsung kaget, dan tanya:

Ibu: Hah? itu tadi semuanya dihabisin sendiri?

Saya: iya *tanpa dosa*

Ibu: Weeeladhalah… ibu aja makan 2 biji udah pusing, gimana coba itu bisa makan satu glundung sendirian? *keheranan*

Saya: *nyengir*😀

Ibu: Gapapa, ayo nambah lagi biar tekanan darahnya normal. *senyum*

Saya: *makin semangat makan*😀

Alhamdulillah! Pokoknya harus selalu bersyukur, yang penting sehat.

Menjaga kesehatan adalah salah satu cara mensyukuri nikmat sehat. Jangan lupa olah raga!😉

-RN-

Leave a Reply

