Pemulihan Alergi Dingin

Terakhir ke dokter karena alergi dingin pada bulan November lalu, cerita lengkapnya ada di sini. Setelah beres minum anti alergi, sembuh, terus ada serangan lagi.😀 Sampai beberapa hari lalu udah 2 kali kena, tapi ga pake ke dokter. Mencoba bertahan, pengen ngukur seberapa sih respon tubuh menghadapi serangan alergi. ;) 

Bertahan ga ke dokter, ga pake obat, ga minum anti alergi, beneran… lumayan taihen *berat* menghadapi alergi dingin. Sampaiiii sembuh! Setelah serangan kedua tanpa anti alergi, barulah saya bisa merumuskan apa yang terjadi dan harus bagaimana menghadapinya.😉

Kalo alergi datang, serta merta badan menjadi lebih lemah, tanpa demam. Pengennya tidur! Setelah bangun tidur, batuk ringan mulai kerasa ga enak. Mendadak batuk, dibarengi muntah, tanpa mual. Prinsip saya, banyak muntah banyak makan!

Ga masalah muntah, saya berusaha menghadapinya, tapi tentu saja saya harus banyak makan.😀

Oke! Muntahnya hampir 10 kali, bolak balik ke kamar mandi, nah ini yang bikin cape’. Batuk-muntah yang ga bisa ditahan, tentu saja makanan keluar semua tapi gapapa setelahnya makan lagi.😉 Itu teruusss siang-malam, ga peduli waktu. Setelah muntah, rasanya pasti lega! lendir jernih *ini bedanya dengan pilek karena bakteri/virus* bisa mudah dikeluarkan dari hidung. Pokoknya lega setelah muntah.

Masa-masa itulah masa terberat dalam serangan alergi dingin. Jadi begini polanya:

Hari 1: badan melemah

Hari 2-6: periode batuk-muntah *harus banyak istirahat, hindari minum dingin, hindari angin-anginan/hujan-hujanan, gunakan masker penutup hidung/syal penutup hidup, nongkrong di dekat heater, pokoknya jauh-jauh dari segala yang dingin. Kalo berhubungan dengan yang dingin tanpa upaya seperti di atas, bisa bikin makin parah batuk dan muntahnya. Banyak makan sop, sop salmon/sop ayam, teh hangat. Itu efektif banget mengurangi batuk.

Hari 7 dan seterusnya: periode pemulihan, batuk sangat berkurang, muntah paling sesekali. Selebihnya pemulihan dan segera membaik.

Jadi intinya, lima hari adalah periode terberat saat alergi. Kalo lima hari itu bisa bertahan, lolos, maka ga perlu ke dokter. Alhamdulillah pulih tanpa obat!😉

Mari kita beri kesempatan tubuh untuk mengoptimalkan imunitasnya!😀

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s