Berbicara Tanpa Kata

Kadang secara tidak disadari kita dapat berdialog dengan orang lain *teman-teman kita* nun jauh di sana, yang telah lama tidak bertemu, pun tidak terlibat komunikasi dalam jangka waktu yang lama, tanpa direncanakan. Saya memiliki beberapa pengalaman tentang hal ini.

Entah karena kangen atau ada ikatan batin atau apapun namanya, terkadang mendadak saya mendapat mimpi bertemu dengan beberapa teman yang berbeda dalam waktu berbeda-beda pula. Padahal sebelumnya (dalam kondisi sadar) saya tidak sedang memikirkan mereka. Tiba-tiba saja kami bertemu di dalam mimpi, lantas seolah membicarakan banyak hal, dan sama-sama memahami apa yang disampaikan. Padahal di dalam mimpi itu tidak ada obrolan/cengkerama serius namun ketika bangun, saya dapat mengerti dan merasakan isi mimpi itu. Barulah di dunia nyata saya berusaha menghubungi teman-teman tersebut dan saat itulah mengerti keadaan yang terjadi sebenarnya.

Kejadian demikian seringkali terjadi, kami tidak berkomunikasi dalam jangka waktu lama, kemudian mendadak bertemu dan saling menatap muka, dari sanalah seolah memahami apa yang terjadi. Saat dikonfirmasi secara langsung (di dunia nyata), tanpa direncanakan ternyata saat itu dia juga mencari waktu yang tepat agar kami bisa berbicara. Entah itu karena ikatan di hati, yang menjadikan tembus ke hati, tanpa bertemu, tanpa berkata, bisa saling mengerti. Ahh entahlah, saya juga tidak mengerti bagaimana menjelaskan hal ini.

Ada beberapa kejadian yang memang sulit untuk kita jelaskan dan kita pahami, tapi  kejadian itu memang ada. Kadang kita berbicara tidak harus menggunakan kata-kata, kadang bahasa hati terasa menembus ruang dan waktu. Hmm… sulit dipercaya tapi terjadi!

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s