Bebas Menulis Bebas Membaca

Kita, siapapun “merdeka” untuk menulis dan “merdeka” untuk membaca tulisan. Bahasa tulisan pastilah memiliki banyak penafsiran yang mungkin berbeda antara satu pembaca dengan pembaca lainnya.

Misalnya nih kita baca buku, terus ada bahasan yang menurut kita isinya membingungkan, maka kita bisa bertanya kepada orang yang lebih paham tentang hal itu. Begitupun dengan tulisan lepas, semua orang bebas menulis dan juga bebas membaca tulisan orang lain. Kalo baca tulisan di blog orang terus ada yang pengen kita tanyakan, yuk mari langsung kita tanyakan di sana. :D 

Nah, karena bahasa tulisan bukan bahasa verbal sehingga tidak bisa dikonfirmasi secara langsung kepada penulisnya  *kalo kita masih penasaran* kita bisa menghubungi penulisnya secara langsung *jika memungkinkan*.😉 Misalnya via email japri atau meninggalkan komen (kalo itu tulisan dalam blog). Bagaimana si penulis tahu kalo ada hal yang membingungkan (dan bagaimana menjelaskan) sedangkan tidak meninggalkan jejak di sana? *aka: hanya menjadi passive reader*🙂 Okey! kalo ada yang ga jelas, alangkah baiknya dikonfirmasi secara langsung agar ga terjadi “kebingungan”.

Enjoy writing, enjoy reading, enjoy blogging!😀

-RN-

One thought on “Bebas Menulis Bebas Membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s