Kimchi

Kimchi wikipedia.

Kali pertama makan kimchi, pas dapat oleh-oleh sensei suami dari Korea. Pertama coba langung ketagihan! Habis dimakan sendiri. *doyan apa laper*😀 Nah terus, kebetulan beberapa kali punya teman Korea yang selalu heboh saat menceritakan kimchi! Makin penasaran-lah saya.😀

Kimchi adalah makanan yang berasal dari sayuran yang difermentasikan, khas Korea. Lebih lengkapnya baca di wikipedia aja ya.😉 Saking penasarannya, saya pengen bisa bikin kimchi sendiri. Sayangnya belom kesampean! Awalnya udah ada rencanya mao diajarin Reona bikin ini, tapi ternyata dia dapat kiriman kimchi dari ibunya, berkilo-kilo. Akhirnya gagal deh belajar bikin kimchi! Secara *bahasa gaol yang ga benar* berkilo-kilo kimchi bisa bertahan berbulan-bulan bahkan ada yang setaun.😀

Kimchi merupakan menu wajib bagi kebanyakan orang Korea. Sehari tiga kali makan, tiga kali pula makan kimchi. Ini dia katanya yang jadi resep awet muda, menu diet, dan kulit sehat-nya orang Korea. Lha wong isinya sayuran semua, ya pasti banyak seratnya. 😉

Oya, saya berkesempatan mencoba beberapa jenis kimchi tersebut. Sayangnya belom semua sempat didokumentasikan.😦 Beberapa di antaranya:

Kimchi yang lainnya belom sempat didokumentasikan, mudah-mudahan ntar ga lupa ngejepret si kimchi dulu sebelum makan.😉

Secara umum, rasanya asem, seger, pedes (nano nano) dan ada juga kimchi yang kerasa jahe-nya!😀 Bahannya bisa sayuran apapun, biasanya sih lobak, kecambah, dan sawi putih. Tapi saya sempat mencoba kimchi yang jenis sayurannya cuma ada di Korea, ntah apa itu namanya, susah diucapkan.😀 Yowis, begitu dulu ya obrolan tentang kimchi! Di Indonesia ada urap, gado-gado, pecel, karedok, semua bisa jadi menu sehat! *asal jangan kebanyakan cabe dan kacang* Tak kalah oishiiiiii….😉

Jadi ngeceesss ngebayangin urap sayur dan lontong pecel!

-RN-

2 thoughts on “Kimchi

  1. Mbak Ratna, boleh dong sharing resep Kimchi, soal’e penasaran liat photonya. Kayaknya enak deh. Klu nggak keberatan langsung ke alamat email ya. Arigato pisan sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s