Operasi Plastik

Obrolan makan siang bareng temen-temen, kebetulan semeja berisi empat orang: 2 Korea, 1 Indonesia, 1 Cina. Pas makan memang biasa kami isi dengan ngobrol ringan. Awalnya ngobrolin soal muka dan akhirnya terfokus pada topik operasi plastik.😀

Korea sangat terkenal dengan operasi plastik-nya. Kata teman saya, operasi plastik jenis apapun dan di manapun bisa didapatkan dengan mudah, pluusss terjangkau. Di sana juga tidak dianggap tabu/aneh ketika seseorang melakukannya. Saking banyaknya yang operasi, seperti halnya jualan kacang rebus lariisss manisss!! Siapapun tidak ada masalah, dengan santai mengakui bahwa dia melakukan operasi plastik. Bukan hanya di kalangan artis saja, namun nyaris di semua kalangan melakukannya. Kebanyakan operasi untuk melebarkan kelopak mata.

Misalnya kita punya teman udah lama ga ketemu, pas ketemu tiba-tiba ada perubahan mencolok di wajahnya. Kita pun tanpa harus sungkan bebas bertanya:

“Kamu melakukannya?” *operasi kelopak mata* Jawabnya: “Iya”. Oh gitu, ga sampe tanya panjang lebar.

Tapi kalo ketemu temen yang tulang pipinya berubah, hidungnya berubah, tulang rahangnya berubah, maka akan bertanya:

“Kamu melakukannya?” *operasi plastik selain kelopak mata* Jawabnya: “Iya”. “Eehh… sakit enggak? Berapa lama sembuhnya?” dan berbagai pertanyaan panjang lebar.😀

Mereka pun mengatakan semuanya dan tidak ragu mengakui bahwa “saya operasi plastik.” Dari obrolan tadi saya jadi tahu bahwa operasi kelopak mata ada 2 tahap/2 macam. Tahap pertama, membuat garis kelopak. Tahap kedua, menambah/membuat kelopak mata. Seseorang bisa melakukan kedua-duanya atau hanya melakukan tahap pertama, tergantung pilihan masing-masing. Terus ditanya “kamu pernah operasi plastik?” *langsung lirik ember, gelas, baskom plastik ditempel di muka* Alhamdulillah semuanya masih asli!😀

Oke, jadi tuh yah teman-teman tadi bilang kalo pengen punya mata kayak orang Indonesia, ada kelopaknya. Saya bilang, di Indonesia semua ada, mau yang mata lebar, mata biasa, mata sipit, semua ada. Tapi operasi plastik kayaknya ga populer di Indonesia.😀 Kalo pun orang melakukan, kayaknya ga sampe bilang-bilang mengakui bahwa dia pernah operasi nambah hidung, nambah bibir, dll.

Operasi plastik berhubungan erat dengan konsep cantik di suatu daerah. Di Korea, seseorang dikatakan cantik ketika: berhidung mancung, berkelopak mata, kulit putih, muka tidak bulat, dan langsing. Jadi lah berbondong-bondong ke dokter bedah plastik untuk memotong tulang rahang/tulang pipi agar muka tidak bulat, nambah hidung biar mancung semua. Jangan salah loh, operasi plastik tidak hanya digandrungi para wanita, tapi juga para pria. Kalo ada pria cantik, jangan terheran-heran.😀 Lihat artis-artis Korea deh, mukanya mirip semua! Soalnya hampir semua operasi plastik, sangat minim yang masih punya wajah aslinya. Kata saya, jangan-jangan cetakan plastiknya sama, jadi pada mirip gitu. *becanda*😀 Oya soal operasi hidung, tiap tiga tahun sekali harus ngecek hidung hasil operasi buat dibenerin, entah apa gitu yang mesti diperiksa. Saya ga terlalu paham soal hidung.

Selain operasi plastik, suntik botox juga banyak diminati. Usia di atas 30 tahun mulai konsen melihat kerutan-kerutan di wajah dan segera menghilangkannya melalui suntik itu. Jadi jangan heran kalo ada nenek-nenek mukanya bebas kerutan.😉 Kalo suntik botox setaun dilakuin 2x, tiap 6 bulan harus disuntik. Kalo misalnya telat, ga tau apa mukanya berubah ato gimana.

Yap begitulah tentang operasi plastik. Ada yang minat?😀 Yuk mari kita syukuri semua yang telah diberi oleh Allah, mensyukuri dengan cara merawat dan menjaganya sebaik-baiknya. Cantik adalah persepsi! Semua wanita itu cantik (dan pria itu ganteng), tetaplah menjadi cantik/ganteng bukan hanya fisik tetapi dengan kecantikan dari dalam.😉

-RN-

3 thoughts on “Operasi Plastik

  1. Kalimat terakhirnya super!! Sangat setuju.
    “Yuk mari kita syukuri semua yang telah diberi oleh Allah, mensyukuri dengan cara merawat dan menjaganya sebaik-baiknya. Cantik adalah persepsi! Semua wanita itu cantik (dan pria itu ganteng), tetaplah menjadi cantik/ganteng bukan hanya fisik tetapi dengan kecantikan dari dalam. “

  2. wah, rumput tetangga memang lebih hijau buat.. padahal dulu saya iri banget sama mereka yg sipit2 itu.. pengen banget punya mata yg gak belok.. tapi yaah, alhamdulillah.. ternyata yg begini ini justru yg nge-trend ya.. sesuatu banget :))

  3. Pingback: Operasi Plastik di Korea | Pojok Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s