Kejujuran: Kisah Buah Kaki

Musim gugur, musimnya buah kaki 柿 (japanese persimmon). Buahnya legit, tebal dagingnya. Biasanya kalo belom dipanen, pohonnya udah gundul tapi buahnya masih banyak banget di atas dahan.

Buah ini mengandung banyak zat kimia, seperti senyawa-senyawa antioksidan yang mampu mencegah kanker, menghambat proses penuaan dini, menguatkan limpa, dan menyehatkan paru-paru. Buah ini juga memiliki kandungan gizi cukup banyak dibanding apel dan semangka. Berdasarkan riset sejumlah ahli, lanjutnya, setiap 100 gram kesemek mengandung kalori 78 kkal, protein 0,8 gram, lemak 0,5 gram, karbohidrat 20 gram, terutama fruktosa dan glukosa, kalsium 6 miligram, vitamin A 2.710 SI, vitamin C 11 miligram dan vitamin B1 0,05 miligram.

Ceritanya gini, saya sedang belanja di toko sayur-buah langganan, sudah akrab juga dengan penjualnya. Nah di sana ada beberapa pilihan buah kaki, warnanya menggoda, kayaknya legit banget dagingnya!😀 Akhirnya memutuskan untuk membelinya. Pas di kasir, si penjualnya bilang kalo buah kaki yang saya ambil itu mengandung alkohol. Awalnya saya masih ga paham kok buah segar bisa mengandung alkohol? Si penjual pun menunjukkan jenis buah kaki lainnya yang tidak mengandung alkohol. Sembari menjelaskan bagaimana alkohol bisa ada di buah kaki segar.

“アルコール入れて” ternyata memang sengaja disuntikkan di pangkalnya untuk menciptakan rasa manis. Sedangkan buah kaki yang tidak mengandung alkohol, rasa manis didapatkan dengan memberikan gas *karbit: ala bahasa kita*. Ohhh… saya baru paham. Barulah mengerti, harus hati-hati dengan hal tersebut.

Pangkal buah kaki tempat menyuntikkan alkohol.

Saya sangat berterima kasih dengan si mbak penjual itu karena dia tau saya muslim dan ga boleh makan yang ada alkoholnya, dia pun dengan jujur menjelaskan bahwa barang *buah* yang akan saya beli itu mengandung alkohol. Kemudian menunjukkan buah kaki lainnya yang bebas dari alkohol. Alhamdulillah…😀

Coba deh kalo dia ga jujur ato ga berbaik hati memberi tau, hampir aja makan buah yang dikira halal ternyata haram! Arigatouuuu…😉

-RN-

6 thoughts on “Kejujuran: Kisah Buah Kaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s