Tidak Selalu Amerika!

USA

Amerika (*Amerika yang dimaksud di sini adalah USA.) adalah salah satu negeri impian mayoritas orang di dunia. Suatu ketika ada percakapan antara Sensei (profesor pembimbing) dengan mahasiswanya.

Sensei: nanti saya akan mengirim kamu untuk gakkai (conference) ke Amerika.

Mahasiswa: ga mau Sensei, saya ga pengen ke Amerika.

Sensei: ehh? Kalo gitu nanti kamu postdoc *postdoctoral ke MIT saja. *Sensei hasil jebolan postdoc MIT.

Mahasiswa: enggak Sensei, terima kasih. Saya ga pengen ke Amerika. *tetep ngotot ga mau

Sensei: eeh? hontou?? *terheran-heran karena baru menemui satu orang yang ga punya mimpi ke Amerika.* Emang setelah ini kamu pengen ke mana?

Mahasiswa: ke Arab.

Sensei: ha?!? *kaget*

Amerika, tepatnya USA adalah negeri impian banyak orang di dunia, termasuk Jepang. Dianggap sebagai simbol kemapanan, kemajuan, peradaban, segala agama samawi ada di sana, multiras, sehingga hampir semua orang ingin menginjakkan kakinya ke sana. Berdasarkan pengalaman beberapa teman, jika seseorang sudah pernah menginjakkan kaki (apalagi tinggal) di sana, pasti ada keinginan untuk kembali ke sana. Begitulah daya pikat Amerika yang memukau banyak orang. Demikian halnya dengan Jepang, kiblat mereka mengarah kepada Amerika. Bagi orang Jepang * yang american minded* menganggap segala yang datang dari Amerika adalah hal yang harus diikuti. Dari kebiasaan, perayaan acara-acara kayak Halloween, Natal (padahal orang Jepang bukan Kristen), sampe gaya hidupnya. Pokoknya segala yang Amerika!

Terkait obrolan sensei dan mahasiswanya, Amerika adalah negara penghasil ilmuan-ilmuan besar di dunia. Universitas nomor wahid juga ada di sana. Ada MIT, ada Caltech, ada Cornell University, ada Harvard untuk bidang sosial, dan sebagainya yang menghasilkan ilmuan-ilmuan besar dunia. Jadi merupakan kesempatan besar yang sayang untuk dilewatkan manakala berkesempatan ke sana. Tapi pandangan tersebut berbeda dengan mindset si mahasiswa tadi. Prinsipnya begini: sebelum tergiur dan terpikat oleh pesona Amerika, lebih baik tidak mencoba mencicipinya. Ada banyak hal yang lebih baik dari Amerika. Jadi intinya, tidak semua orang ingin ke Amerika!😀

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s