Menepati Janji

"Kedustaan tidak dibolehkan baik serius atau main-main, dan tidak boleh salah seorang kalian menjanjikan anaknya dengan sesuatu lalu tidak menepatinya.”

Beberapa pekan lalu telah berjanji kepada anak-anak bahwa Sabtu ini, tanggal 22 Oktober 2011, kami berencana untuk pergi jalan-jalan. Hari itu semakin dekat, dua hari lagi! Setelah melihat tenki.jp ternyata perkiraan cuaca Sabtu besok adalah hujan.😦 Keakuratannya 98% lah, kita bisa percaya dengan prakiraan cuaca ala tenki.jp itu. Dengan demikian, kemungkinan besar rencana jalan-jalan bareng anak-anak bakal gagal.😦 padahal mereka excited banget, beberapa kali nanyain mulu. Sedih pokoknya… Tapi mao gimana lagi, harus tetap mensyukuri nikmat hujan, semoga membawa berkah. ;) 

Akhirnya saya minta maaf ke anak-anak kalo nanti jalan-jalan kami harus ditunda, trus bareng-bareng berdoa agar Sabtu ga ujan. Sampe ada yang bilang: “Tante, kalo paginya hujan, trus jam 9 reda, kita berangkat kan?” saking pengennya jalan-jalan bareng. Saya jawab: “mudah-mudahan ya…”😉 Rencananya mao cari hari libur yang cerah *berawan boleh laah*, minimalnya ga hujan. Soalnya tempat yang dipilih OK banget buat aktivitas fisik anak-anak. Tempatnya di Izumi Park. Mudah-mudahan awal November bisa ke sana, insyaAllah.😀

Pokoknya jangan pernah ingkar janji, meski dengan anak-anak. Meski sekedar menjanjikan permen! Apa yang kita katakan kepada mereka, itu juga yang harus kita lakukan. Bukan masalah sepele “ahh.. mereka cuma anak-anak.” Tapi di sini ada proses pendidikan moral sejak dini, jika orang dewasa berbohong maka anak-anak akan menganggap “bohong” adalah hal yang wajar. Gawat kan?

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Kedustaan tidak dibolehkan baik serius atau main-main, dan tidak boleh salah seorang kalian menjanjikan anaknya dengan sesuatu lalu tidak menepatinya.”

-RN-

One thought on “Menepati Janji

  1. Pingback: Jalan-Jalan TPA Sendai « Pojok Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s