Tetap bekerja tak pandang usia

Beli di tempat nenek

Siang tadi saya menemani seorang teman ke kuyakusho untuk pemeriksaan berkala pada anak-anak. Sejak usia 0 bulan sampai 3 tahun, anak-anak mendapat surat pemeriksaan gratis dari kuyakusho. Beres urusan di sana, kami lanjut pergi ke dokter anak. Si 赤ちゃん dedek bayi lagi pilek, terus kulit seluruh badannya kering banget sampe kemerahan. Kesian ngeliatnya…😦 Ternyata kami sampe di tempat dokter masih jam istirahat, untuk mengisi waktu sampe buka lagi kami pun sekalian belanja ke Seiyu (ga jauh dari tempat praktek dokter anak).

Pas di jalan, kami ketemu お婆さん seorang nenek udah tua banget (kayaknya di atas 80 tahun), badannya tak lagi tegap, kedua tangannya menarik gerobak berisi sayuran dan buah. Kami pun memanggil si お婆さん nenek, setelah dipanggil beberapa kali barulah お婆さん berhenti. Sembari memilih buah, saya bertanya dimana tempat tinggalnya? Nenek bilang di Yamagata. Ehhh… kami kaget! Yamagata lumayan jauh dari Sendai, naik kereta satu jam lebih. Ternyata tiap hari si nenek naik kereta kemudian berdagang sayuran di Sendai. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya melihat si nenek, sering kali melihatnya saat saya melintas dengan sepeda. Musim panas pun si nenek keliling menjual dagangannya. Hari ini bisa sedikit ngobrol dengannya, sebuah pengalaman besar. Tubuhnya terlihat sudah ringkih, tapi tetap bersemangat menarik gerobak sayurnya, sendirian! *terharu*😦 Padahal isinya penuh, pasti berat banget. Nenek itu tetap bekerja keras meski tubuhnya tak sekuat dulu. Seharusnya kita malu kalau badan masih sehat, masih muda, tapi berpangku tangan, apalagi mengemis. Sangat malu! Nenek renta tetap berusaha bekerja berat tanpa menengadahkan tangannya kepada orang lain. Pelajaran sangat berharga bagi saya!

-RN-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s