Akiu Onsen

Akiu-Otaki Falls

Akhir pekan lalu saya bersama keluarga teman berkesempatan untuk jalan-jalan ke Akiu onsen. Di sana terdapat onsen/hot spring, Akiu-Otaki Falls/air terjun, tak jauh di wilayah itu juga ada Japanese garden. Tempatnya sangat asyik untuk wisata keluarga. Meski terletak di dataran tinggi mirip hutan, sangat terawat. Kebetulan sedang musim gugur, daun-daun yang mulai memerah semakin mempercantik suasana. Tidak ditemukan sampah non organik hasil tangan manusia, yang ada sampah dedaunan. Kebetulan sedang musim gugur, suasananya dingin namun tak menyurutkan kami untuk bermain di air terjun. Airnya jernih sampai-sampai bebatuan di dalam air terlihat sangat jelas. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, bahkan parkir pun gratis. Benar-benar wisata alam yang murah meriah!😀 Bagi yang suka petualangan, tempat ini sangat cocok untuk hiking keluarga. Berdasar keterangan papan pengumuman, seluruh pengunjung diharuskan membawa sampah bungkus makanannya kembali, karena dikhawatirkan dapat memanggil kedatangan beruang gunung. Serem ga tuh? Memang letaknya di hutan gunung, jadi masih ada sekawanan beruang yang tinggal di sana.😀 Tapi jangan khawatir, kalo kita taat pada aturan maka aman-terkendali.😉

Untuk menuju ke air terjun, kita perlu menuruni anak tangga yang cukup curam. Jadi pulangnya nanjak tinggi!  Cocok buat olahraga mencegah osteoporosis😀 Namun cape’ nya terbayar dengan pemandangan indah, air jernih, dan udara bersih di sana.😉

Setelah puas menikmati air terjun, kami menuju ke Akiu onsen. Sudah terbayang apa itu onsen? Berendam di air panas rame-rame/private ga pake baju. Nah loh?? Tenang-tenang, kami ga ikutan mandi berendam yang itu kok!😀

Kami memilih berjalan-jalan di salah satu taman Jepang, memberi makan ikan, dan diakhiri onsen kaki. Tiket masuknya 400 yen untuk orang dewasa, 100 yen untuk anak-anak di bawah 12 tahun, balita gratis.

Tiket Japanese garden

Pas ngerendam kaki di air panas, rasanya kayak dipijat, semua pegal hilang! Itu baru kaki, kebayang kan kalo seluruh badan? Pantesan aja orang Jepang gemar banget berendam di onsen. Konon katanya semua cape’ hilang dan setelahnya bisa tidur dengan nyenyak. Saya sih ga pernah coba…😀 Tapi ada yang private, ga rame-rame barengan orang, kita bisa berendam sendiri di ruangan khusus, tentu saja dengan biaya yang jauh lebih mahal daripada onsen berjamaah.

Oya, pas kami jalan-jalan di taman Jepang, di sana ada kolam Jepang yang isinya ikan-ikan cantik segedhe tangan orang dewasa. Mereka berenang di dalam kolam yang jaraknya cuma sepuluh centi-an dari tempat duduk (permukaan kolam) kami. Wow! Tentunya anak-anak excited banget kan! kalo ga takut, tangan kita bisa pegang si ikan-ikan itu.😀

Rombongan ikan berebut makanan

Saking excited-nya, kami memberi makan sambil heboh bareng anak-anak. Maklum, ini kolam ikan dengan pemandangan yang berbeda dari kolam ikan yang lain. Berpuluh ikan bergerombol memperebutkan umpan, mereka *ikan* juga ga takut dengan kedatangan manusia. Padahal jarak mereka dengan kami sangat-sangat dekat, kalo ada pikiran jahat bisa diambil dan di bakar kapan aja.😀 Untungnya selama ini ga pernah terjadi di kolam Jepang. Belum bisa banyak cerita nih, soalnya ada yang mesti dikerjakan selanjutnya. Sampe di sini dulu liputan jalan-jalannya.😀

Akiu-Otaki Falls dengan daun merah di awal musim gugur

Kedai teh

-RN-

One thought on “Akiu Onsen

  1. Pingback: Omoshiroyama Kogen 面白山高原 « Pojok Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s